Merpati Borong 20 Pesawat PT DI Rp 1,08 Triliun

n212Kamis, 19/07/2012. PT Merpati Nusantra Airlines (MNA) secara resmi membeli 20 pesawat jenis Cassa 212 dari PT Dirgantara Indonesia (DI). Pesawat berkapasitas 28 penumpang tersebut, tahun ini sudah bisa memperkuat Merpati.

Direktur Utama Merpati Rudy Setyopurnomo menjelaskan, pihaknya membutuhkan pesawat tersebut untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

“Jadi Merpati memang mempunyai kebutuhan pesawat terbang untuk melayani perintis kemudian PT DI bisa menyediakan pesawat dan pesawat ini bisa lebih efisen karena unit cost-nya turun dan mesinnya lebih besar dan penumpangnya lebih banyak ini yang kita ambil,” ungkap Rudy di kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (19/7/2012).

Rudy menjelaskan, pesawat yang akan melayani rute-rute perintis tersebut rencananya akan dibeli dengan harga US$6 juta/unit. “US$6 juta sampai US$ 7 juta tapi saya tawar US$ 6 juta,” sambungnya.

Rudy menjelaskan, jika untuk pendanaan pembelian 20 pesawat Cassa 212 yang mencapai US$ 120 juta tersebut akan dibiayai dari hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten dan Merpati.

“Jadi begini kita create bisnis di bawah, kabupaten-kabupaten membutuhkan kemudian seperti Susi Air, petani dibuatkan koperasi mereka butuh pesawat terbang kita layani, dananya dari situ dari pasar,” katanya.

Rudy menjelasakan, jika pembelian 20 pesawat dari PT DI merupakan kerjasama saling melengkapi antara dua BUMN. Selain itu Rudy menjelaskan, tahun ini Merpati sudah bisa menggunakan pesawat baru tersbeut.

“PT DI itu ada pesawat yang menganggur belum jadi, itu kita punya sparepart digabungkan itu diterbangkan dulu. Tahun ini sudah jalan, sambil kita hidupkan pesawat yang belum jadi,” tutup Rudy.

 

sumber

http://finance.detik.com/read/2012/07/19/120253/1969392/1036/merpati-borong-20-pesawat-pt-di-rp-108-triliun

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s