Yuk! Intip Isi Pesawat N250 Karya Anak Bangsa Ini

Proyek pesawat N250 karya PT Dirgantara Indonesia (Persero) telah berhenti sejak 1998. Proyek ini berhenti pasca penghentian suntikan modal dari Presiden Soeharto atas rekomendasi International Monetary Fund (IMF).

Sekarang, pesawat bermesin propeler ini mangkrak. Dua tipe N250 versi Gatot Kaca berpenumpang 50 orang dan N250 versi Krincing Wesi berpenumpang 70 orang ini hanya menjadi besi tua di Apron atau parkir pesawat milik PT DI di dekat landasan Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Namun detikFinance memperoleh kesempatan melihat dari dalam ruang kabin pesawat karya BJ Habibie di ruang pamer N250 milik PT DI. Mau tahu isi dan penampakan N250 versi Gatot Kaca dari dekat. Berikut ini penelusuran detikFinance, seperti dikutip, Selasa (19/2/2013).

1. Kabin Pesawat

kabin n250

Bentuk dan desain kabin pesawat N250 besutan BJ Habibie ini hampir mirip dengan interior pesawat sekelas Boeing 737. Meskipun pesawat ini ditujukan sebagai ruang pamer bagi calon investor. Ruang kabin yang dibuat sebelum proyek ini dihentikan tahun 1998, masih tampak kemegahan interior dan kursi untuk para penumpang. Kursi pun masih terasa empuk, walaupun secara tampilan sudah tampak lusuh. Di dalam cabin ini terdapat kursi khusus untuk 50 orang penumpang.

2. Kokpit Pilot

kokpit

Di dalam ruang kokpit pilot dan co pilot, tampak kecanggihan pesawat asli karya anak bangsa ini. Meskipun, kondisi ruang pilot ini sudah sangat kotor karena sudah lama tampak tidak terawat.

3.  Toilet

toilet

Pesawat berkapasitas 50 orang ini, dilengkapi sebuah toilet yang terletak di dekat ekor pesawat. Meskipun berukuran cukup sempit, ketika pintu toilet dibuka, kesan mewah toilet masih tampak. Meskipun kondisi cabin khususnya kursi sudah terlihat mulai terkelupas namun kesan indah toilet dengan wc duduk ini, masih menawan untuk pesawat yang pertama kali diperkenalkan Agustus 1995 ini.

4. Kursi VIP dan Ekonomi

kursi

N 250 ternyata bisa dirancang untuk dua jenis penumpang. Pada ruang penumpang ekonomi, tampak suasana yang tak jauh beda dengan suasana kursi penumpang di pesawat-pesawat penumpang kelas ekonomi. Namun, pesawat N 250 versi Gatot Kaca ini juga dilengkapi atau bisa dirancang untuk penumpang khusus eksekutif atau VIP. Pada konsep kursi VIP, tampak suasana kemegahan yang biasa diperuntkan untuk para profesional bahkan sekelas presiden sekalipun.

sumber

http://finance.detik.com/read/2013/02/19/083738/2173535/1036/yuk-intip-isi-pesawat-n250-karya-anak-bangsa-ini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s