PT DI Rakit Empat Pesawat untuk Korea Selatan

19 MARET 2009. PT Dirgantara Indonesia tengah merakit empat pesawat tipe CN 235 untuk patroli maritim Korea Selatan dan tiga pesawat untuk TNI Angkatan Laut sampai 2011 mendatang. Proyek ini senilai US$ 94,5 juta akan dikerjakan selama tiga tahun.

” Kami sudah menekan kontrak dengan Korea untuk pembuatan pesawat patroli maritim pada Desember lalu” kata Rakhendi Triyatna Juru Bicara PT Dirgantara Indonesia usai penyerahan Helikopter NBO 105 pada TNI Angkatan Darat. Kamis, (19/3). 

Ia menyatakan, selain akan membuat pesanan Korea Selatan, PT Dirgantara Indonesia tengah menjajaki pesawat serupa pada beberapa negara asia seperti Thailand terutama untuk NC 212 .”Saat ini trand pembuatan pesawat yang dipesan sejenis pesawat patroli maritim , mudah mudahan CN 235 kembali diproduksi,” ujarnya.

Rakhendi menegaskan, sebelumnya korea selatan sudah menggunakan sekitar 6 pesawat militer dan 2 pesawat angkut VIP yang dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia, sedangkan untuk Indonesia, baru 7 Pesawat Militer dan satu pesawat patroli maritim dan Merpati sekitar 15 pesawat.”Sekitar 58 pesawat CN-235 sudah terjual sejak tahun 1986,” kata Rakhendi.

Khusus pesawat NC 212 terakhir kali dipesan tahun lalu.”Pemesanan suatu pesawat tergantung misi atau penggunaannya, bisa untuk militer atau untuk angku tpenumpang, tapi saat ini trend nya pada pesawat jenis Maritime Patrol Aircraft,” ujarnya.

 

sumber

http://www.tempo.co/read/news/2009/03/19/078165643/PT-DI-Rakit–Empat-Pesawat-untuk-Korea-Selatan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s