PT DIRGANTARA INDONESIA DAN AIRBUS MILITARY MENANDATANGANI KESEPAKATAN UNTUK MELUNCURKAN NC212 VERSI UPGRADE

08 Nopember 2012. Kerjasama Strategis Jangka Panjang Berlanjut. PT Dirgantara Indonesia dan Airbus Military MenandatanganiKesepakatan untuk Meluncurkan C212 Versi Upgrade

PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dan Airbus Military telah menandatangani Kesepakatanuntuk bersama meluncurkan Airbus Military C212-400 versi upgrade sebagai langkah lebih lanjut dalam perjanjian jangka panjang mereka.

Pesawat tersebut selanjutnya akan dinamai NC212 dan akan ditawarkan kepada pelanggan sipil serta militer. NC212upgrade ini akan dilengkapi dengan avionik dijital dan sistem autopilot terkini. Pesawat upgrade ini memiliki interior sipil terbaru yang mampu membawa sampai dengan 28 penumpang dibandingkan dengan versi saat ini yang hanya dapat membawa 25 penumpang sehingga efisiensi biaya naik secara berarti.

Semua pesawat upgrade tersebut akan menempatkan NC212 ini pada posisi tawar yang sangat kompetitif di segmen pasar pesawat kecil dan medium.Pesawat ini akan disertifikasi oleh EASA dan FAA sesuai dengan FAR 25. 
Kesepakatan kerjasama dalam pengembangan, manufacturing, komersialisasi dan dukungan pelanggan ini untuk memenangkan kompetisi memenuhi kebutuhan pasar di segmen pesawat kecil, baik untuk sipil, militer dan kargo, pada dekade berikut. Potensi pasar pada segmen ini diperkirakan akan mencapai sekitar 400-450 pesawat dalam sepuluh tahun kedepan. Final Assembly Line sedang disiapkan di fasilitas PTDI di Bandung. Kesepakatan ini selangkah lebih maju dalam tahapan hubungan kerjasama antara dua mitra lama.
NC212 upgrade ini adalah hasil langsung kedua dari “Teaming Agreement” yang ditandatangani oleh PTDI dan Airbus Military, proyek kerjasama ini tetap menjadi bagian dari proses revitalisasi PTDI melalui suatu perjanjian kerjasama baru dalam NC212 upgrade dan pengembangan usahanya, dalam upaya mencapai kemitraan strategis jangka panjang antara PTDI dan Airbus Military dalam waktu dekat. Kontrak untuk sembilan CN295 dari Kementerian Pertahanan RI kepada PTDI pada awal tahun dan paket-paket kerjasama antara PTDI dan Airbus Military berkaitan dengan C295 adalah hasil langsung pertama dari “Teaming Agreement” tersebut,termasuk di dalamnya rencana pembangunan CN295 Delivery Center, CN295 Final Assembly Line, dan pendirian Pusat Pelayanan CN295 di Bandung.

Sejak Oktober 2011, dua perusahaan ini telah menempatkan tim-tim kerja bersama di fasilitas PTDI di Bandung, dimana personil Airbus Military bekerja di dalam lokasi kerja PTDI. Tim-tim ini bekerja dalam lingkup industrial dan komersial yang fokus pada penciptaan bisnis baru bagi kedua perusahaan tersebut dalam memajukan kemampuan produksi, proses rekayasa, teknologi informasi, dan transfer pengetahuan dalam rangka mendorong PTDI menjadi industri pesawat terbang kecil dan medium terkemuka di Asia dan Pasisik. “Ini adalah bukti berikutnya tentang peningkatan kerjasama kami dengan Indonesia. Kami melihat masa depan NC212 yang kompetitif ini menjanjikan di banyak negara di dunia. Dengan dukungan yang berkesinambungan dari Pemerintah Indonesia, PTDI dan Airbus Military akan mampu meraih banyak hal bersama”. Kata Ignacio Alonso, Senior VP Komersil, Strategi dan Hubungan Industri untuk kawasan Asia.

“Dalam kesepakatan baru ini, PTDI dan Airbus Military akan bekerja bersama untuk memproduksi dan memasarkan NC212 upgrade ke seluruh dunia dengan menawarkan pesawat terbang sipil dan militer kelas kecil yang modern dan sangat kompetitif. Kerjasama ini akan memperkuat posisi PTDI sebagai industri pesawat terbang terdepan di wilayah Asia,dan Pasifik seperti yang kami rencanakan dalam perjanjian kerjasama strategis dengan Airbus Military”, kata Budi Santoso, Direktur Utama PTDI.

Dalam pernyataannya pada acara ini, Boyke Mukiyat, Direktur Utama PPA berkata: “Kami sangat gembira dan bangga bahwa PTDI telah melangkah lebih jauh lagi dalam proses revitalisasi dan memperkuat posisi. Meningkatnya sukses PTDI akan mendapatkan lebih banyak pekerjaan, dan dengan kesepakatan kerjasama NC212 upgrade, PTDI sedang bergerak maju dengan pasti kearah suksesnya mencapai tidak hanya revitalisasi tetapi juga peningkatan target-targetnya. PPA sepenuhnya mendukung rencana kerja PTDI dan akan terus membantu agar PTDI dapat menjadi industri pesawat terbang kecil terdepan di wilayah Asia.”

Perihal PT Dirgantara Indonesia 
Lokasi pabrik pesawat terbang PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI) terletak Bandung, Indonesia. Produk utama perusahaan ini adalah pesawat terbang, komponen struktur pesawat terbang, jasa perawatan pesawat terbang dan jasa rekayasa. Pabrik perakitanPTDI memproduksi berbagai jenis pesawat CN235 dengan type certificate untuk penumpang sipil, kargo, pembuat hujan, transportasi militer, patroli maritim danpengawasan. Selain itu PTDI memproduksi dibawah lisensi pesawat NC212-200, NAS332 Super Puma dan NBell412. PTDI telah memproduksi lebih dari 340 pesawat terbang dan helikopter untuk 49 operator sipil dan militer. PTDI memanufaktur dan memproduksi bagian-bagian, komponen-komponen, tools dan fixtures untuk pesawat Airbus A320/321/330/340/350/380, untuk Eurocopter EC225 dan EC725, untuk pesawat Airbus Military CN235/C212-400/C295. Untuk perawatan pesawat,PTDI melayani jasa pemeliharaan, overhaul, perbaikan, alterasi, kustomisasi dan dukungan logistik untuk CN235 berbagai seri, Bell412, BO-105, NC-212-100/200, NAS332 Super Puma, B737-200/300/400/500, A320, Fokker100 dan Fokker27. Enjinering PTDI melayani jasa rekayasa dan analisa serta flight simulators. PTDI adalah badan usaha milik negara yang didirikan pada tahun 1976.

 

sumber

http://www.indonesian-aerospace.com/view.php?m=release&t=release-detil&id=58

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s