PTDI Akhiri Pembuatan Heli NBO 105 untuk Angkatan Darat

19 MARET 2009. Bandung: Pembuatan Helikopter Serbu Tempur jenis NBO 105 sejak 33 tahun lalu tidak dilanjutkan lagi. PT Dirgantara Indonesia sendiri telah membuat 122 heli jenis NBO dengan lisensi dari Massasshit Bolkow Blohm.

“Kalau masih ada yang mau pesan kami siap membuatnya, tapi PT DI harus menghitung kembali harga satuan dan paling tidak harus ada 25 unit baru yang dipesan baru bisa berproduksi kembali, ” ungkap Direktur Utama PT DI Budi Santoso, saat menyerahkan Helikopter NBO 105 pada TNI Angkatan Darat. Kamis, (19/3).

Budi menyatakan, penyerahan helikopter pada TNI AD, merupakan realisasi dari kontrak pengadaan 1 unit helikopter pada Desember 2007. Dimana sampai saat ini sekitar 24 helikopter NBO telah dioperasikan oleh pusat penerbangan angkatan darat, dan sisanya dioperasikan oleh berbagai kalangan sipil dan militer dari luar negeri dengan harga satuan untuk yang berjenis standar sekitar US$ 2,5 juta dolar atau sekitar Rp 29,7 miliar.

Ia menyatakan, pihaknya masih akan melalukan berbagai pembicaraan soal pengadaan alat utama sistem senjata dengan Mabes TNI terkait kebutuhan pesawat jenis apa saja yang diinginkan oleh TNI setelah helikopter ini sudah tidak diproduksi oleh PTDI. “Ada beberapa jenis helikopter yang bisa dibeli TNI seperti helikopter berukuran kecil yang bisa memakai misil tempur , dan kita masih melihat apa saja sesuai dengan kebutuhan operasi TNI di indonesia,”

Sementara, Mayjen Hari Krismono Asisten Logistik KSAD menyatakan, TNI tetap berkomitmen untuk menggunakan alat buatan dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan logistik TNI. “Sampai saat ini alutsista TNI masih kurang, dan pengadaannya tergantung dari anggaran dari pemerintah,” ungkapnya.

Ia menyatakan, jenis heli ini merupakan heli serbu TNI AD yang bisa digunakan untuk berbagai operasi tempur atau penyelamatan di wilayah seperti Papua. “Pusat penerbangan angkatan darat masih kurang sekitar 5 buah helikopter jenis ini, dan heli ini bisa dipasang berbagai senjata tempur,” ungkapnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s