PTDI OPTIMISTIS MELIHAT MASA DEPAN

28 Maret 2012. Sempat terpuruk pada tahun 1998 akibat berhentinya pasokan APBN ditambah keputusan pailit pada tahun 2007, PT Dirgantara Indonesia berupaya untuk terus bertahan meski dengan tertatih. Namun, tahun 2011 bagai matahari terbit bagi industri dirgantara nasional itu dengan membaiknya prospek bagi mereka.

Perusahaan kini dinyatakan sebagai perusahaan sehat dengan nilai ekuitas positif. Hal ini tidak lepas dari upaya restrukturisasi dan revitalisasi.

Diutarakan Kepala Humas PT DI Rakhendi Priatna, Senin (26/3/2012), perusahaan kini dinyatakan sebagai perusahaan sehat dengan nilai ekuitas positif. Hal ini tidak lepas dari upaya restrukturisasi dan revitalisasi, termasuk dana Rp 675 miliar untuk menutup cash flow yang defisit hingga konversi hutang PT DI sebesar Rp 3,8 triliun menjadi aset melalui penanaman modal nontunai.
“PT DI sedang menunggu kucuran dana sebesar Rp 1 triliun dari pemerintah,” kata Rakhendi.

Selain bantuan dana, PT DI juga mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk mengerjakan pesanan pesawat untuk Kementerian Pertahanan, yakni 9 unit pesawat C295, pesanan 7 unit helikopter Bell-412 yang sudah dirampungkan dua unit.
Selain itu, PT DI juga tengah mengerjakan tiga unit CN-235 MPA untuk TNI AL. Dalam Singapore Air Show beberapa waktu lalu, PT DI juga meneken kontrak pemesanan 20 unit N219 dari PT NBA dengan kemungkinan tambahan 10 unit lagi.
Kepercayaan dari militer asing juga masih didapatkan. Mulai 4 unit pesawat CN-235 KCG untuk Pemerintah Korea Selatan, dan masih membuka kemungkinan pesanan tambahan.

Kemitraan dengan Airbus Military untuk pesawat C295 juga diharapkan mampu menjamin penguasaan pasar Asia-Pasifik. Kerja sama tersebut dipandang Rakhendi sangat vital mengingat Airbus Military merupakan pemain kawakan industri kedirgantaraan dunia dengan penguasaan pasar global mencapai 43 persen untuk pesawat kecil dan menengah.

 

sumber

https://keliping.wordpress.com/wp-admin/post-new.php

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s