PT DI Sempat ‘Jual’ 200 Ahli Pembuat Pesawat ke Luar Negeri

Kamis, 28/03/2013. PT Dirgantara Indonesia (PT DI) baru bisa bangkit kembali dari keterpurukan, bahkan 4 kali perusahaan tersebut hampir mau ditutup. Saat krisis, BUMN ini menjual 200 lebih para ahli pembuat pesawat Indonesia ke luar negeri, agar para ahli tersebut dapat pekerjaan dan gaji.

“Kita dulu pada saat krisis, tidak ada pekerjaan sama sekali di perusahaan, bahkan perusahaan ini tidak jelas mau diteruskan apa ditutup,” kata Vice President Corporate Communication PT DI Sonni Ibrahim kepada detikFinancedi sela acara The 12th Langkawi International Maritime & Exhibition, Malaysia, Kamis (28/3/2013).

Dikatakan Sonni, saat krisis, para ahli pembuat pesawat terbang Indonesia banyak yang kerja, tapi tidak tahu apa yang mau dikerjakan karena pesanan pesawat tidak ada sama sekali.

“Akhirnya kita memutuskan agar para ahli-ahli ini ada pekerjaan, kita tawarkan ke perusahaan-perusahaan pembuat pesawat di luar negeri, mereka banyak diterima di Airbus, Boeing, ATR, dan banyak lagi,” ungkapnya.

Langkah yang diambil PT DI ini membuat para ahli pesawat PT DI mendapatkan gaji tinggi dan ada sedikit fee dari kontrak mereka akan masuk ke kas perusahaaan.

“Para ahli tersebut saat itu rata-rata dibayar US$ 70-80 per jamnya,” ujarnya.

Saat ini, kata Sonni semua orang di PT DI mempunyai tekad untuk membangun BUMN ini lebih besar.

“Berbagai pesanan pesawat saat ini mengalir deras baik dari luar negeri terlebih dalam negeri. Kontrak pesanan kita dari TNI juga sangat besar, bahkan kami kewalahan memenuhinya. Masih banyak orang yang meragukan, tapi kami yakin PT DI mulai kembali menancapkan taringnya di Industri pesawat terbang, tidak lama lagi kita menjadi ikan hiu putih di Asia Pasifik,” tandasnya.

 

sumber

http://finance.detik.com/read/2013/03/28/094717/2205865/1036/pt-di-sempat-jual-200-ahli-pembuat-pesawat-ke-luar-negeri?f990101mainnews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s