Pemerintah Jamin N-219 PTDI Proyek Prioritas

n219_663_382Rabu, 24 April 2013. Kementerian Perindustrian mendukung penuh pembuatan prototipe pesawat N-219 yang saat ini sedang dikembangkan oleh PT Dirgantara Indonesia. Pesawat tersebut diharapkan dapat merajai pasar pesawat di dalam negeri.

Menteri Perindustrian, MS Hidayat, di JCC Senayan, Jakarta, Rabu 24 April 2013 mengatakan, “N-219 sekarang secara berkelanjutan sedang dikembangkan dan diproduksi oleh PT DI”.

Dia menjelaskan, anggaran akan diajukan kepada Kementerian Keuangan untuk mendukung perkembangan pesawat penumpang berkapasitas 19 orang tersebut. Nantinya, pemerintah melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan mengajukan anggaran dan menyalurkan dana pengembangan N-219 kepada PTDI.

Seperti diketahui, pengembangan pesawat N-219 masuk dalam prioritas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2014. Empat prototipe pesawat tersebut akan dibuat tahun depan.

Draf rancangan awal RKP dan rincian pagu indikatif 2014 telah dikeluarkan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

N219. Inilah nyawa baru PT DI. Prototipe pesawat multi guna ini berkapasitas 19 penumpang. Mengelaborasi teknologi sistem pesawat paling modern. Dibangun dengan konstruksi logam pesawat. Kokoh.

Memang tidak secanggih N250. Bersahaja. Bahkan boleh dibilang sangat  sederhana. Direktur utama perusahaan itu, Budi Santoso, kepada VIVAnews menyebutkan, “Ini adalah yang termurah. Tapi, ada segmen pasarnya.”

Hidayat menambahkan, di tengah berkembangnya industri penerbangan, perusahaan pelat merah itu diminta memperkuat kinerjanya. Upaya ini dilakukan agar mampu bersaing dengan produsen pesawat yang sudah memiliki nama di pasar internasional.

Dia mengungkapkan, saat ini, PT DI sedang kebanjiran order pesawat dari luar negeri. Pemerintah akan terus mendorong industri penerbangan dalam negeri untuk bangkit dari tidurnya. “Sehingga, besarnya pasar di Indonesia dapat dinikmati pelaku usaha dalam negeri,” tuturnya.

 

sumber

http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/407677-pemerintah-jamin-n-219-ptdi-proyek-prioritas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s