PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Miliki 20 Sertifikasi

(18 MARET 2012) PT Dirgantara Indonesia (PTDI) hingga saat ini telah mengantongi 20 sertifikasi atas kualitas produk dan jasa yang dihasilkan perusahaan pesawat terbang itu.

“Hingga saat ini ada 20 serfitikat untuk pengakuan kemampuan organisasi baik dari badan sertifikat nasional maupun internasional,” kata Kepala Bidang Humas PTDI Rakhendi di Bandung, Sabtu, 17 Maret 2012.

Sertifikat itu merupakan jaminan untuk memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan baik dari pemerintah sebagai regulator maupun dari pelanggan atau pengguna jasa dari produk dan layanan PTDI.

Rokhendi menyebutkan, sertikasi itu dilakukan dari Badan Sertifikasi Nasional maupun internasional melalui serangkaian audit dan setiap dilakukan resertifikasi.

“Hal ini sebagai bukti bahwa PTDI memelihara dan tetap berkomitmen untuk selalu menjaga kualitas produk dan jasa yang dihasilkannya selama ini,” katanya.

PT. Dirgantara Indonesia (Persero) yang berdiri sejak tanggal 23 Agustus tahun 1976, saat ini telah berusia hampir 36 tahun, telah banyak keberhasilan dan pengalaman dilalui baik yang merupakan tonggak kemajuan teknologi, sumberdaya yang unggul, fasilitas yang canggih, sampai kepada situasi yang paling burukpun telah dilalui.

Membangun suatu industri pesawat terbang yang dapat bersaing di pasaran internasional, kata Rakhendi tidak semudah seperti membangun industri-industri lainnya.

Sebagai modal dasar tentunya ada persyaratan minimal yang harus dimiliki selain modal kerja, antara lain mempunyai kemampuan teknologi dan sumberdaya manusia yang selalu mengikuti perkembangan jaman.

“Kemajuan di bidang industri pesawat ini sangat pesat dan berkembang terus-menerus sesuai dengan perkembangan industri pesawat terbang internasional serta permintaan pasar yang menuntut selalu dilakukan perkembangan dan perbaikan,” katanya.

Untuk memenuhi semua persyaratan keselamatan Penerbangan yang dikeluarkan oleh Pemerintah dalam hal ini Direktorat Keselamatan Udara, Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU/DGCA-I) untuk pesawat tipe sipil, dan untuk tipe militer dikeluarkan dari Indonesian Military Aircraft Authority (IMAA).

Beberapa persyaratan pelanggan baik dilihat dari Sistem Kualitasnya yang sudah berbasis kepada Standar Penerbangan Internasional yang sudah disepakati yaitu AS-9100 (DIN EN9100, AS 9100 REV. B, JISQ9100-2004) dari DQS GmbH (Deutsche Geselischaff zur Zertifizierung von Managementsystem).

Selain itu sertifikasi proses pengerjaan produknya khususnya untuk Special Process yaitu dari National Aerospace and Defence Contractor Accreditation Program (NADCAP) “Performance Review Institute:PRI.” “Target ke depan, selain memproduksi pesawat N-295 dan pesawat lainnya, juga mengembangkan jasa layanan ‘maintenance’ pesawat lainnya, salah satunya untuk pesawat Airbus A-320,” kata juru bicara PT Dirgantara Indonesia itu menambahkan.

sumber

http://eksposnews.com/view/9/33330/PT-Dirgantara-Indonesia–PTDI–Miliki-20-Sertifikasi-.html#.UghD99LWWDk

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s