Lion Mulai Pakai Pesawat N-219 Tahun 2016

Lion Air berjanji akan memborong 100 unit pesawat besutan dalam negeri

201344_n219_663_382

23 Agustus 2013. Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta, membenarkan rencana PT Lion Air yang akan memborong 100 unit pesawat N-219 yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

“Saya sudah menerima laporan dari panitia peringatan Hari Teknologi Nasional 2013 (Harteknas) mengenai acara penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara PT Lion Air dan PT DI yang akan dilakukan di depan Bapak Presiden,” kata Gusti, saat ditemui di Kantor Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Jakarta, 23 Agustus 2013.

Gusti menambahkan, di tahun 2016 ini, PT DI akan menyerahkan tiga unit pesawat N-219 kepada PT Lion Air. Kemudian di tahun selanjutnya menyusul tiga unit lagi.

“Saat ini, nilai transaksi dari pembelian pesawat N-219 termasuk harga satu unitnya belum bisa diketahui. Nanti, semuanya akan diungkap di acara penandatanganan 29 Agustus mendatang,” ungkap Gusti.

Rencananya, pada tahap pertama pembuatan pesawat N-219, PT DI menggunakan komponen lokal sebanyak 30 persen. Lalu, pada tahap selanjutnya, yaitu pada unit pesawat ke-30, komposisinya meningkat jadi 60 persen.

“Pembelian produk dalam negeri akan membuat industri lokal semakin berkembang. Ini salah satu contohnya. Produksi komponen-komponen pesawat dalam negeri juga akan meningkat,” ujar Gusti.

“Kalau tidak ada yang membeli maka tentu saja produksi dalam negeri tidak akan berkembang. Iklim ini yang harus tetap dijaga agar hasil karya buatan anak bangsa bisa dipandang di pasaran,” tambahnya optimis.

Seperti diketahui, pesawat N219 sengaja didesain hanya untuk kebutuhan sipil, dengan kapasitas penumpang 19 orang. Dengan begitu, pesawat ini bisa dioperasikan pada daerah dengan kondisi alam ekstrim dan tingkat kesulitan yang tinggi. Seperti landasan tak beraspal di wilayah pegunungan, di wilayah kepulauan.

Pesawat N219 diklaim asli 100 persen karya anak bangsa. Sejumlah teknologi unik telah diadopsi. dari Konstruksi badan dan sayap dari aluminium. Mesin off the shelf yang banyak digunakan dalam dunia penerbangan. Sistem teknologi di dalamnya juga sudah modern. Reliable, dan mudah dalam perawatan.

sumber: http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/438663-lion-mulai-pakai-pesawat-n-219-tahun-2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s