Ada Mobil Murah dan LCGC, Apa Bedanya?

Pihak kementerian perindustrian (Kemenperin) menegaskan istilah mobil murah (pedesaan) berbedadengan ‘mobil murah’ yang selama ini dikenal denganLow Cost and Green Car(LCGC). Dua model mobil itu bagian dari 3 program pengembangan industri otomotif nasional yang dicanangkan pemerintah.
Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perindustrian Hartono mengatakan untuk mengantisipasi perdagangan bebas regional ASEAN dan Asia Timur, industri otomotif Indonesia dituntut melakukan inovasi dalam menciptakan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan pasar baik domestik maupun ekspor.
Menurutnya apabila kita tidak memenuhi permintaan masyarakat dengan produk otomotif dari dalam negeri, maka pasar dalam negeri akan dibanjiri dengan produk impor.
Hartono menegaskan, kementeriannya telah menjalankan program pengembangan industri otomotif yang terdiri dari berbagai jenis. Seperti dikutip dari situs Kemenperin, Minggu (17/11/2013), antaralain:
1. Program kendaraan angkutan umum murah
Pengembangan kendaraan angkutan umum telah dilaksanakan 10 tahun lalu melalui kebijakan pengenaan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) sebesar 0% untuk kendaraan angkutan komersial seperti pick up, truck dan bus komersial.
Program angkutan umum murah (angkutan pedesaan) yang dicanangkan sejak tahun 2010 adalah untuk membuat platform kendaraan angkutan umum (pick up) yang dapat dikonversi menjadi mobil penumpang.

Program ini sesuai dengan arahan Presiden yang tertuang dalam PERPRES No. 15 tahun 2010 yaitu pada Klaster IV Program Pro Rakyat, antara lain program kendaraan angkutan umum murah.

Dalam program kendaraan angkutan murah ini Kementerian Perindustrian bersama BPP Teknologi mendesain prototipe platform dan komponennya. Sejak tahun 2011 telah dilakukan kegiatan brainstorming, survey kebutuhan dan spesifikasi kendaraan serta pengembangan prototipe dengan memberikan bantuan sebagai berikut:

  • Peralatan software kepada BPPT untuk pengembangan desain kendaraan umum angkutan umum murah berupa Casting Simulation & Analysis Software, Stamping Process Simulation & Analysis Software, Progressive 3D Die Design Software for Solidworks, Progressive Die Design Software, Structural Mechanics Analysis Software, Manufacturing Process Management Software, Simulation Driven Automotive Design (with Optimization) Software, Product Design With Structural/Fatigue/Kinematics Analysis Software, dan Heat Treatment Simulation & Analysis Software.
  • Peralatan hardware kepada BPPT untuk mendukung pengembangan kendaraan angkutan umum murah di BPP Teknologi (Spectrometer, Alumunium Tilting Crucible, Laddle Transport and Preheating Unit, Degesser Unit, Bandsaw Machine, Heat Treatment, NOX-Analyser, Hydrocarbon Analyser, Exhaust Gas Analyser, Vibration Analyser, Digital Three Points Internal Micrometer, Ultrasonic Thickness Gauge, Material Identification, Video Digital Microscope).

Saat ini program tersebut masih terus berjalan berupa bantuan peralatan dan uji coba untuk pengembangan beberapa merek lokal antara lain Tawon, Gea, dan VIAR. Diperlukan pelaku usaha yang tangguh dan sumber daya manusia (SDM) yang handal agar dapat mentransfer desain dan pengetahuan menjadi produk mobil komersial.
Selanjutnya yang diperlukan adalah tumbuhnya industri komponen otomotif dan bahan baku baja, plastik, dan karet, serta dukungan finansial Lembaga Keuangan agar komersialisasi mobil angkutan umum murah ini dapat terwujud.

Fasilitas PPnBM 0% yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No.41 tahun 2013 berlaku untuk seluruh kendaraan selain sedan atau station wagon sehingga PP ini dapat dipakai untuk mendukung program kendaraan angkutan umum murah pedesaan

2. Program mobil penumpang hemat energi dan harga terjangkau buatan dalam negeri (LCGC)
Program pengembangan produksi mobil penumpang hemat energi dan harga terjangkau buatan dalam negeri atau yang lebih populer disebut Low Cost and Green Car (LCGC) ditujukan agar mampu “survival” dan memenangkan persaingan industri otomotif di era FTA ASEAN dan Asia Timur.
Aktivitas Program ini dimulai sejak 4 tahun yang lalu dengan mengadakan pendekatan ke investor, pemilik hak cipta merek (Principal), lembaga riset (R&D), industri komponen, regulator, dan lain-lain.
Program ini telah membuahkan hasil dengan masuknya investasi baru pada 5 (lima) industri mobil dan sekitar 100 industri komponen otomotif, serta industri bahan baku baja dan plastik.
Industri komponen yang terbentuk akan dapat menunjang program lain yang simultan sedang dijalankan antara lain: Program Angkutan Umum Murah (angkutan pedesaan), program manufaktur mobil dengan merek orisinal domestik, dan lain-lain.
3. Program Pengembangan Low Carbon Emission
Program Low Carbon Emission bagi mobil buatan dalam negeri untuk semua kapasitas mesin Internal Combustion Engine (ICE) termasuk didalamnya yang mengadopsi teknologi hybrid, converter kit BBG, dan lain-lain. Program ini untuk mendorong produksi mobil yang hemat BBM dan lebih bersih emisi gas buang.

sumber: http://finance.detik.com/read/2013/11/17/095610/2415085/1036/1/ada-mobil-murah-dan-lcgc-apa-bedanya

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s