Desain Pengembangan Pesawat N-250 Libatkan 6 Maskapai

n25022 Oktober 2013. Salah satu perusahaan di industri penerbangan,  PT Regio Aviasi Industri, menggandeng enam maskapai untuk mendesain pesawat R-80. Produk itu merupakan pengembangan pesawat N-250 yang digagas B.J. Habibie.

Pesawat N-250 adalah pesawat yang dikendalikan secara elektronik atau dikenal dengan istilah fly by wire kedua setelah pesawat Airbus A-300.

Komisaris Utama Revio Aviasi Industri, Iham A. Habibie, pada Selasa, 22 Oktober 2013, mengatakan, saat ini proses desain pesawat R-80 masih berjalan. Selama proses perancangan itu, beberapa maskapai yang terlibat adalah perusahaan penerbangan yang ada di Indonesia.

“Semuanya maskapai Indonesia. Selain NAM Air, ada Citilink, Wings Air, Kalstar Asia, Sky Aviation, dan Merpati Nusantara Airlines,” kata Ilham di Jakarta.

Ilham mengatakan, rancangan tersebut juga memperhitungkan masukan-masukan dari keenam maskapai tersebut. NAM Air sendiri sudah menandatangani kontrak pengadaan 100 unit pesawat “narrow body” itu.

“Memang luar biasa NAM Air. Saat ini, mereka sudah mengambil keputusan. Mereka juga sudah meminta harganya, padahal kami masih mendesain,” kata dia.

Manajemen Regio menyatakan, desain awal R-80 akan rampung pada April 2014. Selanjutnya, perusahaan akan membuat prototipe pesawat itu, yang diperkirakan selesai pada 2016. Setelah itu, akan dilakukan sertifikasi kelayakan udaranya.

“Kami akan melihat penerbangan perdananya pada 2016. Setelah itu, kami akan melakukan sertifikasi kelayakan udara. Dua tahun sertifikasinya,” kata dia.

Menurut dia, apabila tidak ada halangan, penyerahan perdana R-80 kepada pemesan akan dilakukan pada 2018. “Tapi, ini masih bisa berubah dari rencana awal. Sejauh ini, masih belum ada perubahan,” kata dia.

sumber: http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/453123-desain-pengembangan-pesawat-n-250-libatkan-6-maskapai

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s