4 prototype pesawat N 219 habiskan dana Rp 400 miliar

n219_663_382 8 Maret 2014.  PT Dirgantara Indonesia (PT DI) saat ini sedang mengembangkan pesawat N 219. Pembuatan purwarupa (prototype)pesawat sebelum diuji coba disebut akan selesan pekan depan. Namun, berapa biaya membuat prototype tersebut?

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala BappenasArmida Alisjahbana menyebut PT DI telah mendapat anggaran sebesar Rp 310 miliar untuk mengembangkan prototype ini. Dana ini kemungkinan masih akan ditambah tahun depan.

“Rp 310 miliar untuk tahun ini, sebagian besar sudah. Tahun depan Rp 90 miliar lagi,” ucap Armida saat mengunjungi pabrik PT DI di Bandung, Jumat (7/3).

Pesawat uji atau prototype tersebut akan dibuat 4 buah. Alokasinya, dua pesawat untuk uji terbang (flying test) dan dua lagi untuk pesawat uji permulaan (starting test). Jika dihitung dari total anggaran yang dihabiskan yaitu Rp 400 miliar, maka pembuatan satu prototype pesawat menghabiskan Rp 100 miliar. Fasilitatornya adalah Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN)

“Jadi prototype ada 4 dengan Rp 400 miliar tadi. Semua sudah jadi siap terbang. Pemberiannya melalui LAPAN, ini untuk membangun kapasitas IPTEK kita,” tegasnya.

Namun demikian, pesawat dua mesin dengan 19 tempat duduk ini tidak akan dijual seharga Rp 100 miliar karena itu adalah harga uji coba yang kemungkinan ada gagal dan harus diganti. Jika dijual, harga pesawat ini nantinya berkisar USD 4,5 juta – USD 5 juta.

“Selain mengembangkan IPTEK ini juga produksi di sini dan sekarang Pemda sudah order sebanyak 150 pesawat. Balik modal atau BEP cuma 40 – 50 pesawat,” tutupnya.

Sumber: http://www.merdeka.com/uang/4-prototype-pesawat-n-219-habiskan-dana-rp-400-miliar.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s