Menperin janji pasarkan pesawat N-219 ke Afrika sampai Australia

pembuatan prototipe n219 7 Maret 2014.  Perusahaan BUMN pembuat pesawat terbang, PT Dirgantara Indonesia (PT DI) pernah mengukir prestasi dengan membuat pesawat tipe N-250. Namun prestasi ini luntur seketika sejak Indonesia dihantam badai krisis moneter pada 1997-1998.

Saat ini, PT DI ingin kembali bangkit dengan membuat pesawat N-219. Pesawat 19 kursi ini sedang dipersiapkan prototype yang kemungkinan akan selesai pekan depan.

Menteri Perindustrian MS Hidayat tidak ingin sejarah kelam PT DI kembali terulang. Dia berjanji akan mendukung komersialisasi N-219 agar laku keras. Pihaknya berencana mempromosikan penjualan pesawat jenis ini ke Afrika dan Australia.

Menurut Hidayat, pesawat kecil sangat dibutuhkan di negara dengan kondisi geografis daratan luas ataupun negara kepulauan dengan jarak terbang 2 jam. Afrika dan Australia dipandang cocok menggunakan pesawat ini.

“Setelah itu (prototype dan penjualan dalam negeri) kita ekspansi. Kita ikut pasarkan ke Afrika, Australia,” ucap Hidayat di kantor PT DI, Bandung, Jumat (7/3).

Saat ini, 150 unit pesawat ini sudah dipesan Pemerintah Daerah (Pemda). Pemda membutuhkan pesawat ini untuk penerbangan jarak pendek. Selain itu, Break Event Point (BEP) penjualan ini hanya 40 pesawat.

“Berpikir secara komersial, BEP itu kira kira dari 40-45 pesawat. Nanti di back up perbankan,” tutupnya.

Sumber: http://www.merdeka.com/uang/menperin-janji-pasarkan-pesawat-n-219-ke-afrika-sampai-australia.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s